Quantum Sarana Medik issuu.com link
Quantum Sarana Medik Youtube Channel
Quantum Sarana Medik Instagram
Quantum Sarana Medik Twitter
Quantum Sarana Medik Facebook Page
Add Line Chat
Antisipasi Nyeri Tendon, Tulang dan Sendi
 26 November, 2015


Nyeri tendon, tulang dan sendi adalah keluhan yang sering terjadi. Kondisi ini dapat dideteksi dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG) Muskuloskeletal yang sangat banyak manfaatnya pada pasien dengan nyeri tendon, tulang ataupun sendi.

Apakah Ultrasonografi (USG) Muskuloskeletal?

ultrasonografi merupakan pemeriksaan medis non- invasive yang membantu dokter melakukan diagnosis dan tatalaksana medis. Pemeriksaan ini aman dan bebas nyeri, digunakan untuk melihat struktur yang ada di dalam tubuh, menggunakan gelombang suara. Pemeriksaan ultrasonografi atau sonografi menggunakan alat transducer (probe) dan gel yang diletakkan diatas kulit. Gelombang suara frekuensi tinggi akan ditransmisikan dari probe melalui gel di kulit.

Transducer akan mengumpulkan gelombang suara yang memantul dari dalam tubuh dan komputer akan menggunakan gelombang suara untuk menciptakan gambar di layar. Ultrasonografi tidak menggunakan radiasi ionizing (seperti pada X-ray), sehingga tidak ada paparan radiasi terhadap pasien.

Selain kelebihan tersebut, ultrasonografi bisa menangkap gambar dengan segera sehingga dapat menunjukan struktur dan gerakan organ di dalam tubuh. Oleh karena itu ultrasonografi muskuloskeletal akan memberikan gambaran otot, tendon, ligamen, sendi, dan jaringan lunak dalam tubuh.

Keuntungan dari penggunaan USG muskuloskeletal antara lain:

  • Pemeriksaan ultrasonografi tidak invasive (tidak memerlukan suntikan)
  • Tidak menimbulkan nyeri yang bermaksa pada saat pemeriksaan
  • Ultrasonografi mudah dan praktis dilakukan segera di ruang praktek dokter saat pemeriksaan

Ultrasonografi muskuloskeletal memberikan gambaran jaringan lunak yang sulit didapatkan dari pemeriksaan X- Ray, Gambar Ultrasonografi yang dihasilkan bersifat “real time” Memungkinkan penggunaan yang berulang- ulang, untuk membandingkan struktur yang sehat dan yang bermasalah dan untuk memonitor pemulihan pasien setelah terapi selama jangka waktu tertentu karena aman digunakan.

Ultrasonografi merupakan alternatif pemeriksaan MRI pada pasien pengguna alat pacu jantung dan implant metal lainnya yang tidak dapat menjalani pemeriksaan MRI

Tidak ada kontraindikasi yang diketahui saat ini


Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'crunchify_disable_comment_url' not found or invalid function name in /home/k7792441/public_html/wp-includes/class-wp-hook.php on line 286

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *