Quantum Sarana Medik issuu.com link
Quantum Sarana Medik Youtube Channel
Quantum Sarana Medik Instagram
Quantum Sarana Medik Twitter
Quantum Sarana Medik Facebook Page
Add Line Chat
Candu Cafein
 16 Februari, 2016


Anda pecinta berat kopi? Menyukai kopi boleh-boleh saja apalagi sekarang ini banyak bermuculan kedai-kedai kopi tempat Anda melepas lelah dan kangen bersama teman-teman setelah penat beraktifits sembari menikmati secangkir kopi.

Bagi anda yang sering mengonsumsi kopi tidak ada salahnya mengetahui akibat

yang ditimbulkan dari kelebihan konsumsi minuman yang dianggap mampu meningkatkan performa ini. Berikut beberapa dampak negatif terhadap tubuh jika Anda berlebihan mengonsumsi kafein.

Masalah Pencernaan
Kafein merupakan zat yang bisa meningkatkan asam lambung, kondisi demikian dapat membuat kita merasa mulas atau bahkan sakit perut yang berujung pada buang air besar yang terus menerus atau diare.

Tekanan Darah
Kafein langsung diserap oleh tubuh dan dapat langsung masuk ke dalam aliran darah bahkan dalam jangka waktu kurang lebih satu jam, kafein mencapai level tertinggi di dalam aliran darah. Dalam jangka waktu itu kafein bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

Osteoporosis

Kafein yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menghambat penyerapan kalsium di dalam tubuh. Kekurangan kalsium bisa mengarah pada kondisi tulang keropos.

Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil yang mengonsumsi kafein mungkin harus dikurangi. Janin secara langsung akan ikut mengonsumsi kafein melalui plasenta, itu artinya akan menyebabkan detak jantung janin menjadi cepat dan tidak teratur.


Sulit tidur

Butuh waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam bagi kafein untuk diserap tubuh. Setelah penyerapan, kafein akan menetap dan memengaruhi tubuh sekitar beberapa jam, ini bisa merusak siklus tidur Anda.


Air seni berubah warna

Perhatikan yang terjadi pada air seni Anda jika Anda terlalu banyak mengonsumsi kafein, jika air seni berwarna kuning gelap, pertanda tubuh sedang mengalami dehidrasi. Mengapa ini terjadi? kopi memiliki sifat diuretik (zat yang memungkinkan ginjal untuk mengekskresikan urin lebih banyak, yang pada gilirannya bantu hilangkan kelebihan cairan tubuh). Dampak diureretik adalah dehidrasi dengan meningkatnya volume air seni yang dibuang.

Beberapa ahli menyarankan batas yang diperbolehkan mengonsumsi kafein sekitar 500 mg atau setara dengan 1 atau 2 cangkir kopi saja per hari, jadi Anda bisa pesan minuman lain kalau hari itu ada beberapa ajakan ngobrol di kedai kopi.


Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'crunchify_disable_comment_url' not found or invalid function name in /home/k7792441/public_html/wp-includes/class-wp-hook.php on line 286

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *