Quantum Sarana Medik issuu.com link
Quantum Sarana Medik Youtube Channel
Quantum Sarana Medik Instagram
Quantum Sarana Medik Twitter
Quantum Sarana Medik Facebook Page
Add Line Chat
Diare Pada Bayi, siapa yang belum tahu?
 20 Oktober, 2015


Bayi sering kali mengalami diare. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh bayi rentan dan belum sekuat orang dewasa. Karena seringnya, sebagian kalangan menganggap bahwa diare merupakan kondisi adaptasi bayi terhadap sesuatu yang baru. Namun tetap perlu diwaspadai juga jenis diare yang menyerang bayi, karena bukan mustahil, diare pada bayi juga bisa menjadi jenis diare yang berbahaya

. Bahkan bisa berujung pada kematian.

Ada baik ya kita ketahui diare pada bayi, berikut jenis diare pada bayi berdasarkan penyebabnya:

  • Diare infeksi. Diare jenis ini merupakan diare yang diakibatkan oleh adanya infeksi virus yang berjenis rotavirus. Misalnya saja Salmonella. Gejala diare infeksi ini biasanya berupa buang air besar terus menerus dengan tinja yang cair, muntah-muntah, sakit pada bagian perut, sakit kepala, dan juga demam. Lama waktunya antara 5-14 hari. Untuk diare jenis ini, pengobatan bisa langsung ke dokter dan pastikan bayi dan balita memperoleh air yang cukup utuk mengganti air yang terbuang.
  • Diare karena pengobatan. Diare jenis ini adalah diare yang diakibatkan oleh zat-zat yang ada di dalam obat yang sedang dikonsumsi bayi dan balita, seperti misalnya zat laksatif dan antibiotik tertentu. Pemberian air yang cukup dan konsultasi dengan dokter bisa segera meredakan diare jenis ini.
  • Diare karena keracunan. Diare jenis ini terjadi ketika bayi dan balita mengonsumsi suatu zat tertentu. Gejala diare ini biasanya bersifat langsung, yaitu buang air besar cair dan juga muntah-muntah. Konsultasi ke dokter adalah satu-satunya cara dalam menangani kasus diare jenis ini.
  • Diare jenis lain. Diare jenis ini misalnya saja adalah iritasi usus, alergi makanan, dan juga yang lainnya. Pengobatannya tetap saja harus berdasarkan konsultasi dengan dokter.

Itulah jenis-jenis diare pada bayi dan balita berdasarkan penyebabnya. Penanganan yang cepat dan tepat akan membuat bayi dan balita segera sembuh. Anda yang tinggal di Denpasar dan sekitarnya, bawalah segera ke Klinik Quantum Sarana Medik di Jalan Sesetan No. 20 jika gejala-gejala diatas terjadi pada bayi Anda, dokter di Klinik Quantum siap menangani.


Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'crunchify_disable_comment_url' not found or invalid function name in /home/k7792441/public_html/wp-includes/class-wp-hook.php on line 286

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *