Quantum Sarana Medik issuu.com link
Quantum Sarana Medik Youtube Channel
Quantum Sarana Medik Instagram
Quantum Sarana Medik Twitter
Quantum Sarana Medik Facebook Page
Add Line Chat
Glaucoma dan Katarak: penting untuk diketahui
 29 Oktober, 2015


Mata merupakan satu-satunya jendela kita untuk melihat cakrawala, apa jadinya jika indra mata kita terganggu dan terjadi kebutaan. Berikut beberapa informasi tentang mata yang harus diketahui.

Glaucoma

Salah satu penyebab kebutaan adalah Glaukoma, glaucoma menyebakan tekanan bola mata yang tinggi. Kasusnya cukup banyak. Terkadang masyarakat kurang waspada dengan kesehatan mata. Jika sudah berumur 40 tahun sebaiknya cek mata ke dokter mata untuk dilakukan pemeriksaan tekanan bola mata.

Kebiasaan yang kurang baik pada masyarakat kita adalah pasien datang ke dokter mata dalam keadaan sudah buta, jadi yang dokter mata lakukan adalah mengobati butanya, sesungguhnya akan labih baik sekali jika pasien datang untuk pemeriksaan atau pencegahan sehingga kami bisa mencegah terjadinya kebutaan itu.

Tingginya tekanan bola mata bisa terjadi karena beberapa faktor seperti bertambahnya usia, faktor keturunan, adanya riwayat hipertensi, Migran dan penyakit kencing manis. Masyarakat, terutama yang memasuki usia 40 tahun dengan beberapa penyakit diatas sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan mata untuk menghindari kebutaan total.

Katarak

Katarak adalah penyakit karena usia hal ini terjadi karena proses degenerasi pada lensa mata. Semua orang akan katarak, hanya ada yang lebih awal ada yang lebih lama. Diabetes adalah salah satu pemicu lebih cepatnya katarak.

Petani akan lebih awal terkena katarak sebab intesitasnya terkena sinar matahari. Kekurangan beberapa vitamin, sayur, dan buah-buahan juga ditengarai sebagai faktor yang mempercepat katarak.

Satu-satunya pengobatan katarak adalah dengan jalan tindakan, masyarakat sebaiknya tidak mudah percaya dengan pengobatan katarak oleh non medis, sebab hal itu bisa berakibat fatal. Tidak ada katarak yang sembuh tanpa proses operasi, apalagi dengan digosok-gosok.

Jika katarak tidak dilakukan tindakan akan menyebabkan kebutaan total, analoginya katarak sama seperti buah di pohon, jika tidak kita petik akan membusuk, begitu juga katarak, harus dikeluarkan. Jika dibiarkan akan menyebabkan tekanan bola mata yang merupakan penyebab kebutaan total.

Ciri-ciri penderita katarak:

  • Sering kali Silau
  • Penglihatan Buram
  • Penglihat seperti ada asap dan berkabut

Hal-hal diatas tidak bisa dikoreksi dengan kaca mata tapi harus diangkat terlebih dahulu kataraknya.


Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'crunchify_disable_comment_url' not found or invalid function name in /home/k7792441/public_html/wp-includes/class-wp-hook.php on line 286

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *