Quantum Sarana Medik issuu.com link
Quantum Sarana Medik Youtube Channel
Quantum Sarana Medik Instagram
Quantum Sarana Medik Twitter
Quantum Sarana Medik Facebook Page
Add Line Chat
Mandi Saat Berkeringat Buruk Bagi Kesehatan, Ini Penjelasannya
 27 Januari, 2017


Beraktivitas di luar ruangan membuat tubuh berkeringat. Setelah lelah beraktivitas di luar ruangan, Anda pasti membutuhkan hal yang dapat membuat tubuh relaks kembali. Salah satu cara yang ampuh untuk merelaksasikan tubuh adalah dengan mandi. Ketika suhu tubuh meningkat, mandi memang menjadi pilihan yang tepat untuk dapat menurunkan suhu tubuh dan membuat Anda segar kembali. Tapi, sebaiknya jangan langsung mandi ketika tubuh berkeringat, mengapa?

Saat berkeringat, pori-pori kulit akan melebar. Pelebaran pori ini sebenarnya juga berbahaya karena menjadikan cikal bakal radang pada kulit, seperti jerawat. Di samping itu, saat pori-pori kulit melebar, suhu tubuh akan meningkat. Hal ini akan membuat suhu tubuh otomatis turun drastis saat Anda langsung mandi. Tubuh akan merespon untuk segera menaikkan suhu tubuh. Maka timbullah apa yang dinamakan demam tinggi. Jangka waktu demam yang terjadi bisa lama, bisa juga sebentar.

Mandi ketika badan masih berkeringat, juga akan membuat panas di dalam tubuh tidak keluar, dan menganggu kerja kelenjar keringat. Kondisi ini nantinya akan memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah. Hal ini pulalah yang sering terjadi juga pada orang yang sering mandi air hangat.

Rumor yang beredar juga mengatakan bahwa, mandi pada saat berkeringat dapat menyebabkan panu. Tetapi benarkah demikian? Jawabannya adalah tidak. Panu timbul bukan karena Anda mandi ketika tubuh berkeringat. Tapi, panu timbul ketika Anda membiarkan pakaian Anda basah akibat berkeringat, dan membiarkan hingga kering kembali di badan.

Mandi setelah beraktivitas sangat dianjurkan, karena dengan mandi akan mengembalikan kesegaran tubuh dan membuat Anda terhindar dari kuman yang terbawa dari luar. Tapi yang harus Anda perhatikan adalah waktunya. Usahakanlah untuk menunggu suhu tubuh Anda turun, dan keringat tidak lagi keluar dari pori-pori tubuh Anda. Beristirahatlah beberapa menit sebelum Anda memutuskan untuk mandi setelah beraktivitas.