Quantum Sarana Medik issuu.com link
Quantum Sarana Medik Youtube Channel
Quantum Sarana Medik Instagram
Quantum Sarana Medik Twitter
Quantum Sarana Medik Facebook Page
Add Line Chat
Rajin Berolahraga tapi malas minum, waspadai Heatstroke
 21 Februari, 2016


Anda suka melakukan olahraga lari atau bersepeda tapi termasuk orang yang malas minum? Awas ini bisa menyebabkan Heatstroke.

Heatstroke adalah kondisi dimana badan kita gagal mengatur suhu tubuh dan suhu terus meningkat, bahkan mencapai 40°C atau lebih tinggi. Heatstroke dapat mengancam jiwa. Seseorang yang menderita heatstroke harus mendapatkan pertolongan medis sesegera mungkin untuk mencegah kerusakan otak, kegagalan fungsi organ, atau bahkan kematian. Penderita heatstroke mungkin akan berhenti berkeringat, mengalami kebingungan, disorientasi atau tidak sadarkan diri, kulit memerah, panas serta kering. Penyebab Heatstroke adalah Heat Exhaustion dan Iklim yang panas.

Heat Exhaustion atau kelelahan karena panas adalah suatu keadaan yang terjadi akibat terpapar panas selama berjam – jam, dimana hilangnya banyak cairan karena berkeringat menyebabkan kelelahan, tekanan darah rendah dan kadang pingsan. Suhu yang sangat panas bisa menyebabkan hilangnya banyak cairan melaui keringat, terutama saat melakukan kerja fisik atau olahraga berat. Bersamaan dengan cairan, garam (elektrolit) juga hilang sehingga terjadi gangguan sirkulasi darah dan fungsi otak.

Cara termudah untuk hindari penyakit yang berhubungan dengan cuaca panas seperti heatstroke adalah minum cairan sebelum, selama dan setelah latihan. Kebutuhan cairan tubuh tiap orang bervariasi tergantung pada tenaga yang dimiliki, iklim, kelembaban, medan yang dilalui, dan faktor lainnya. Anda harus mematuhi signal haus yang diberikan oleh tubuh, terutama ketika sedang berolahraga saat mulut terasa kering dan merasa perlu untuk minum.

Heatstroke adalah keadaan darurat medis. Jika seseorang mengalami heatstroke, orang tersebut harus dibawa ke ruang gawat darurat secepatnya, di mana ia akan diberikan cairan intravena dan metode pendinginan. Sebelum bantuan tiba atau masih harus menunggu sebelum masuk ruang gawat darurat, penderita harus beristirahat di tempat yang dingin, lepaskan pakaian agar kulit terpapar pada udara dingin, memberikan kompres es pada bagian selangkangan, ketiak, dan leher adalah cara-cara yang cepat untuk mendinginkan suhu tubuh sebelum diberikan obat-obatan secara medis.


Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'crunchify_disable_comment_url' not found or invalid function name in /home/k7792441/public_html/wp-includes/class-wp-hook.php on line 286

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *