Quantum Sarana Medik issuu.com link
Quantum Sarana Medik Youtube Channel
Quantum Sarana Medik Instagram
Quantum Sarana Medik Twitter
Quantum Sarana Medik Facebook Page
Add Line Chat
yuk jaga kesehatan otak
 25 Oktober, 2015


Otak terletak dalam rongga tengkorak, keseluruhan rongga tengkorak ini di batasi oleh tulang-tulang tengkorak yang sangat keras. Tulang tengkorak ini meskipun tipis tetapi sangat kuat karena kedua tepi yakni tepi luar dan tepi dalam mengandung bagian yang padat sehingga dapat melindungi.

Sebagaimana fungsinya, tulang-tulang

tengkorak tersusun sedemikian rupa melindungi seluruh bagian otak, kecuali dibagian bawah tempat persambungan sumsum tulang belakang. Di sana terdapat lubang tempat masuknya sumsum tulang belakang bersambungan dengan batang otak yang ada di pertengahan dari otak besar dan kecil.

Otak adalah organ tubuh vital yang merupakan pusat pengendali sistem syaraf pusat. Otak manusia terdiri lebih dari 100 miliar syaraf yang masing-masing terkait dengan 10 ribu syaraf lain. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Beberapa hal berikut patutnya menjadi perhatian kita untuk menjaga kesehatan otak beserta jaringan penghubungnya:

1. Makan Teratur dan seimbang, usahakan cukup mengandung vitamin B komplek

2. Konsumsi Ikan (banyak mengandung Omega 3 yang berguna bagi otak)

3. Olahraga.

4. Pekerjaan fisik ringan dapat merangsang otak bekerja normal.

5. Istirahat yang cukup.

6. Jaga kepala dari benturan.

Beberapa kebiasaan buruk sebaiknya juga dihindarai seperti:

1. Tidak Sarapan

Tidak mengkonsumsi makanan di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah menyebabkan kurangnya masukan nutrisi pada otakhal ini dapat menyebabkan kemunduran fungsi otak.

2. Terlalu banyak makan

Terlalu banyak makan terutama makanan yang banyak mengandung glukosa (kadar gula) menyebabkan mengeraskan pembuluh darah dan menghambat penyerapan protein dan gizi lainnya dalam otak.

3. Hindari makanan siap saji.

4. Merokok

Merokok berakibat menyusutnya volume otak kita akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya dan perkembangan otak terganggu.

5. Polusi udara

Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat fungsi kerja otak menurun.

6. Kurang tidur

Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Kurang tidur karena begadang, stres dan lain sebagainya membuat sel-sel otak mati kelelahan

7. Berpikir terlalu keras ketika sedang sakit

Bekerja atau belajar ketika kondisi tubuh sedang sakit itu sama halnya dengan poin no.5 (kurang tidur). Pada saat sakit otak juga ikut lelah. Makanya harus banyak istirahat dan konsumsi makanan seimbang.

8. Kurangnya stimulasi otak

Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir justru membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal.


Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'crunchify_disable_comment_url' not found or invalid function name in /home/k7792441/public_html/wp-includes/class-wp-hook.php on line 286

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *